Documentation

Laman dokumentasi ini berisikan seluruh penjelasan tentang fitur yang ada di Klikchat.id, serta panduan untuk menggunakannya yang dibuat mendetail agar lebih mudah untuk dipahami. Silahkan baca secara berurutan atau lompat langsung ke bagian yang Anda inginkan melalui tabel daftar isi dibawah.

Sekilas Klikchat.id

Klikchat.id adalah sebuah worpdress plugins yang dapat digunakan pada web/toko online berbasis wordpress. Fungsinya adalah untuk menampilkan icon WhatsApp atau ChatBox (multi akun) pada website dimana ketika terjadi click/touch maka pengguna akan diarahkan menuju https://web.whatsapp.com/, yang langsung membuka aplikasi WhatsApp pada mobile device atau WhatsApp web jika di klik dari perangkat desktop.

Fitur utama:
– Dapat menampilkan icon chat (juga mendukung icon/logo milik Anda sendiri), dengan pengaturan posisi dan load-in settings (scroll length, inactivity, visit time).
– Dapat menampilkan chat box untuk multiple akun WhatsApp. Full kostumisasi untuk nama, foto, warna, shape, posisi, load-in settings, jadwal aktif dan inactive setiap akun.
– Mendukung pre-filled text (auto text) yang dapat diisi sesuai keinginan.
– Integrasi Facebook Pixel dengan sekali klik untuk kebutuhan retargeting dan membuat lookalike audience.
– Tersedia shortcode yang dapat disisipkan di bagian mana saja secara mudah.
– Dapat membuat unlimited Shortlink secara manual dengan tracking untuk kebutuhan analisa. Shortlink dapat diletakkan di seluruh jagad internet, termasuk status Facebook, Ads, blog, forum, marketplace, dan lain sebagainya.
– Dapat digunakan bersama themes wordpress apapun sehingga tidak akan mengganggu tampilan web/toko online. Juga compatible dengan hampir seluruh plugins wordpress lainnya, termasuk Woocommerce.
– Selain link ke kontak WA, juga dapat digunakan untuk link ke Group WA.

Download

Silahkan download file plugins berbentuk zip di member area melalui link berikut: member login.

Instalasi

Setelah mendownload plugins via member area, silahkan upload via FTP atau langsung dari dalam dashboard WordPress Anda.

Setelah itu, aktifkan plugins Klikchat.id

Settings General

Pada tab “Settings”, Anda dapat memilih 2 mode untuk menampilkan Klikchat.id: (1). Icon untuk satu akun dan (2). Box dengan banyak akun CS. Keduanya akan dijelaskan secara detail pada bagian selanjutnya.

Pilihan settings general:
Posisi: opsi untuk menampilkan icon/box pada posisi yang diinginkan

Opsi Screen: digunakan untuk menampilkan icon/box hanya pada perangkat yang lebar (desktop) atau sempit (mobile) dengan ukuran 782 pixels. Untuk menampilkan icon/box pada seluruh perangkat silahkan abaikan opsi ini.

Load-in Settings: (1) Waktu Delay: trigger dihitung dari saat pengunjung masuk (2) Waktu tidak aktif: trigger dihitung dari saat pengunjung tidak melakukan aktivitas apa pun (3) Scroll Length: trigger dihitung dari prosentasi laman yang dibuka.

Untuk selalu menampilkan icon/box setiap saat, biarkan valuenya tetap 0.

Opsi Perangkat Mobile: Centang untuk muncul otomatis pada perangkat mobile.

Target laman: centang untuk memunculkan icon/box pada bagian web yang Anda inginkan. Anda juga dapat melakukan exclude secara manual di kolom Exclude Pages.

Setup Akun WhatsApp

Untuk merubah atau menambahkan akun WhatsApp, silahkan buka tab “WhatsApp Accounts”.

No WA atau Group Chat URL: diisi dengan nomor WA atau Group Chat URL. Pastikan menggunakan format Internasional dengan awalan +62 (untuk Indonesia).

Nama: Akan dimunculkan sebagai nama (hanya pada mode box).
Titel: Akan dimunculkan sebagai titel (hanya pada mode box).
Foto: Akan dimunculkan sebagai foto (hanya pada mode box)

Autotext: prefilled-text/template text yang akan otomatis terisi pada pesan. Dapat dibuat berbeda untuk setiap akun.
Jam Online: Plih waktu akun online (berlaku pada mode icon/box). Opsi ini jangan diedit untuk online 24 jam.
Hari Online: Pilih hari akun online (berlaku pada mode icon/box). Opsi ini jangan diedit untuk online setiap hari.

Pada bagian ini juga, Anda bisa menambahkan banyak akun WhatsApp dengan klik tombol “Tambah Akun”.

Jika Anda memilih mode icon, secara default yang akan digunakan pada tombol icon adalah akun pertama.

Jangan lupa untuk menekan tombol “Simpan” setiap kali melakukan perubahan.

Single Icon

Untuk memilih mode ini, pada tab “Settings”, pilih > Tipe Chat > Icon untuk satu akun.

Pilihan icon: Klikchat.id sudah menyediakan beberapa model icon yang dapat Anda pilih. Silahkan pilih sesuai selera.
Upload Icon: Jika Anda memiliki icon atau logo sendiri, silahkan upload melalui menu ini. Ukuran yang direkomendasikan adalah 128 x 128 pixels atau 200 x 100 pixels.

Chat Box

Untuk memilih mode ini, pada tab “Settings”, pilih > Tipe Chat > Box dengan banyak akun CS.

Pilihan Box: Ada 2 pilihan sudah box yang disediakan. Pilih menurut selera.
Text Pada Tombol: Text yang akan muncul pada box. Edit sesuai keinginan.
– Warna Text Pada Tombol & Warna Background Tombol
– Text pada Box
– Warna Text CS, Warna Background Kolom CS, Warna Hover Background Pada Kolom CS, Warna Hover Text Pada Kolom CS, Warna Border antar Akun : cukup jelas.
Lebar maksimum Box: setting lebar maksimum box dalam pixels.

Shortlink

Pada menu “Setup PIXEL & Shortlinks”, Anda dapat membuat shortlink secara manual dalam jumlah yang tidak terbatas.

Untuk melakukannya, silahkan klik “Add New”.
No WA atau Group Chat URL: masukkan nomor WhatsApp atau Group Chat URL
Auto Text: masukkan pre-filled text
Tracking ID: masukkan tracking ID yang diinginkan. Gunanya untuk melihat statistik dan melakukan tracking.
Style: tersedia beberapa style text maupun icon (Fungsi ini akan diaplikasikan pada shortcode).
Warna Background: pilih warna background (Fungsi ini akan diaplikasikan pada shortcode).
Warna Text: pilih warna text ((Fungsi ini akan diaplikasikan pada shortcode).
Warna Text: pilih warna text (Fungsi ini akan diaplikasikan pada shortcode).
Preview Tombol: Anda dapat melihat tampilan tombol secara langsung (Fungsi ini akan diaplikasikan pada shortcode).

Rotator

Klikchat.ID mendukung rotator untuk tipe “Icon”. Fitur ini berfungsi untuk merotasi link WA ke banyak nomor yang Anda miliki. Sangat cocok jika Anda memiliki banyak customer service.

Untuk menggunakannya, silahkan pilih tipe chat “Icon” dan Check kotak Enable Rotator:

Apabila rotator diaktifkan, maka secara otomatis akun yang akan digunakan adalah yang berada di Rotator Account. Anda dapat set dengan klik menu tersebut:

Setelah itu, silahkan masukkan akun melalui menu Rotator Account.

Apabila menu Enable Rotator diakftifkan, Anda juga dapat menggunakan fungsi rotator sebagai shortcode yang dapat diletakkan di bagian yang Anda inginkan di website Anda dengan format:

Integrasi Facebook Pixel

Anda dapat melakukan enable atau disable Facebook Pixel melalui menu “Setup PIXEL & Shortlinks” sesuai dengan keinginan. Jika Anda tidak ingin menggunakan fitur ini, silahkan langsung ke tahap selanjutnya.

Tetapi jika Anda ingin melakukan integrasi, enable dengan memasukkan Facebook Pixel ID Anda, kemudian klik “Simpan”.

 

Shortcode

Setelah shortlink disimpan, maka Anda dapat melihat daftarnya pada menu Setup PIXEL & Shortlinks.

Pada tabel diatas, Anda dapat mengambil shortcode dari setiap link. Silahkan sisipkan shortcode pada bagian mana saja yang Anda inginkan.

Misalnya pada post, maka shortcode dimasukkan di dalam artikel post pada posisi yang diinginkan:

Hal yang sama juga berlaku pada page, widgets atau dalam editor themes.

Shortlink

Juga pada menu Setup PIXEL & Shortlinks, Anda dapat mengambil shortlink dari setiap link yang dibuat.

Klik kanan “open” untuk link yang diinginkan dan pilih “Copy Link Location” untuk mendapatkan link.

Secara default, format link akan berbentuk seperti ini: http://alamatweb.com/klikchatid/trackingname atau langsung menuju WhatsApp (jika fungsi pixel disable). Link ini dapat diletakkan di website mana pun yang Anda inginkan, diantaranya status Facebook, lapak marketplace, forum dan lain sebagainya.

Statistik

Pada menu “Statistics”, Anda dapat melihat data statistik dari setiap link, termasuk seluruh link yang ada di chatbox.

Secara default, shortlink akan bernama cs1, cs2, cs3, dst untuk setiap akun yang ditambahkan.

Untuk melihat data statistik, silahkan klik setiap link yang tampil. Statistik hanya dapat bekerja jika Anda melakukan enable Facebook Pixel.

WCA

Fitur integrasi Facebook Pixel pada Klikchat.id memungkinkan Anda untuk membuat website custom audience (WCA) untuk kebutuhan retargeting, yaitu orang-orang yang melakukan klik pada tombol chat.

Untuk melakukannya, Anda membutuhkan akun ads/business manager di Facebook.

– Pilih menu “audiences” di ads manager.

– Create audience > Custom Audience

– Pilih “website traffic”

  • Selanjutnya, Anda dapat melakukan setup klik mana yang akan disimpan menjadi website custom audience.

– Opsi pertama (lihat gambar diatas) adalah menyimpan seluruh audience yang melakukan klik tombol WhatsApp secara keseluruhan. Pilih people who visited spesific web pages in the past 180 days (atau sesuaikan dengan durasi waktu yang diinginkan), url contains > klikchatid, berikan nama audience dan create audience.

– Opsi kedua (lihat gambar dibawah) adalah menyimpan audience tertentu yang melakukan klik tombol WhatsApp yang diinginkan. Pilih people who visited spesific web pages in the past 180 days (atau sesuaikan dengan durasi waktu yang diinginkan), url equals > shortlink yang dikehendaki. Gunakan fungsi or untuk memasukkan lebih dari 1 shortlink atau fungsi And also untuk match audience yang melakukan klik pada lebih dari 1 tombol yang berbeda.

– Pembentukan Website custom audience dapat sangat variatif sesuai dengan dibutuhkan pada setiap model bisnis yang berbeda.

WCA ini dapat Anda jadikan target audience di iklan Anda untuk kebutuhan retargeting (remarketing). Dan karena sebelumnya mereka pernah klik tombol dan berinteraksi dengan Anda, konversi penjualan seharusnya akan sangat baik.

Lookalike Audience

Ketika Website Custom Audience telah terbentuk dan memiliki size (di klik oleh pengunjung dan terdata oleh Facebook), maka kita dapat melebarkannya menjadi Lookalike Audiences (LAA).

 

Caranya adalah dengan menjadikannya sebagai source ketika membuat LAA.

– Pada source, pilih WCA yang sudah dibuat sebelumnya. Pastikan size dari WCA adalah 100-200 atau lebih untuk mendapatkan LAA yang lebih baik. Pilih Location “Indonesia” dan Audience Size 1. Jika sudah, klik Create Audience.

Facebook biasanya membutuhkan waktu beberapa menit atau jam untuk membuat LAA. Setelah LAA terbentuk, Anda dapat menggunakannya sebagai target audience dalam iklan Anda.

Request Fitur

Ada banyak sekali alasan mengapa kami akan selalu menambah dan menyempurnakan fitur Klikchat.id di masa mendatang, dimana kami membutuhkan saran dari Anda agar dapat melakukannya dengan lebih baik lagi:

1. WhatsApp dimiliki oleh Facebook sehingga sudah pasti ke depan ada banyak sekali pengembangan fitur yang menghubungkan keduanya, terutama yang berkaitan dengan ads dimana WhatsApp juga perlu melakukan monetisasi setelah sekian lama digunakan secara gratis tanpa syarat dan tanpa iklan apa pun.
2. Saat ini pun, WhatsApp sedang melakukan ujicoba WhatsApp business accounts sehingga tak menutup kemungkinan akan ada fitur istimewa yang akan diluncurkan tak lama lagi.
3. Ada banyak sekali twist dan skenario penggunaan WhatsApp dalam internet marketing. Sebagian kami riset dan temukan sendiri, sebagian yang lain membutuhkan berbagai macam saran penggunaanya untuk berbagai metode lain, termasuk dari Anda.

Anda dapat menyampaikan request melalui support group, support ticket via email atau kontak kami langsung, Rianto.

Kami sangat serius untuk megembangkan fitur Klikchat.id di masa mendatang menjadi lebih powerful lagi.

Support Group

Layanan purnajual akan diberikan melalui Support Group di Facebook. Selain akan mendapatkan bantuan dari developer, Anda juga dapat berinteraksi serta berdiskusi dengan member lainnya. Link menuju group dikirimkan secara otomatis melalui email saat akun Anda diaktivasi.

Support Ticket via Email

Untuk setiap permasalahan teknis yang membutuhkan kami untuk memeriksanya langsung di web Anda, silahkan kirimkan Support ticket via Email di support@klikchat.id yang always on setiap hari kerja (Senin-Jumat, 9AM-5PM) untuk mendapatkan bantuan.

Halo! Klik salah satu CS dibawah untuk melakukan chat.

Chat WhatsApp